Jumat, 08 Agustus 2014

pengertian sejarah menurut tokoh tokoh indonesia

Pengertian sejarah – Sejarah merupaka peristiwa masa lalu yang penting dan tidak terlupakan dari zaman ke zaman. Sejarah mencatat kejadian kejadian penting, beserta fakta yang mendalam tentang suatu peristiwa.
Berikut ini merupakan pengertian sejarah menurut beberapa tokoh dunia :
* Pengertian sejarah menurut Thomas Carlyle
Sejarah adalah peristiwa masa lampau yang mempelajari biografi orang-orang terkenal. Mereka, adalah penyelamat pada zamannya. Mereka merupakan orang-orang besar yang pernah dicatat sebagai peletak dasar sejarah.
* Pengertian sejarah menurut herodotus
Menurut Herodotus sejarah tidak berkembang ke arah depan dengan tujuan yang pasti, melainkan bergerak seperti garis lingkaran yang tinggi rendahnya diakibatkan oleh keadaan manusia.
* Pengertian sejarah menurut Roeslan Abdulgani
Sejarah ialah ilmu yang meneliti dan menyelidiki secara sistematis keseluruhan perkembangan masyarakat serta kemanusiaan di masa lampau beserta kejadian-kejadiannya; dengan maksud untuk menilai secara kritis seluruh hasil penelitiannya, untuk dijadikan perbendaharaan-pedoman bagi penilaian dan penentuan keadaan masa sekarang serta arah progres masa depan.
Ilmu sejarah ibarat penglihatan tiga dimensi; pertama penglihatan ke masa silam, kedua ke masa sekarang, dan ketiga ke masa yang akan datang. Atau dengan kata lain, dalam penyelidikan masa silam tidak dapat melepaskan diri dari kenyataan-kenyataan masa sekarang yang sedang dihadapi, dan sedikit banyak tidak dapat kita melepaskan diri dari perspektif masa depan.
* Pengertian sejarah menurut Moh. Yamin, SH
Sejarah ialah suatu ilmu pengetahuan yang disusun atas hasil penyelidikan beberapa peristiwa yang dapat dibuktikan dengan kenyataan.
* Pengertian sejarah menurut Ibnu Khaldun
Sejarah merupakan catatan tentang masyarakat umat manusia atau peradaban dunia, tentang perubahan-perubahan yang terjadi pada watak masyarakat itu.
Dari beberapa pengertian sejarah diatas, maka dapat disimpulkan bahwa sejarah merupakan kumpulan peristiwa masa lampu tentang manusia yang disusun secara sistematis.

Related Articles:

Posting Komentar